Year end note: Bersyukur Itu Sederhana


Image
Berawal dari tweet mbak Gamila Arief yang mengkaji kalimat: Bahagia itu sederhana?
Makes me think and i got my opinion that being happy is not that simple. But being grateful is simple.

Kadang hal-hal yang bisa membuat kita bahagia adalah hal yang tidak sederhana. Misalnya,lulus ujian. Nggak mungkin,kalau tiba-tiba langsung berhasil. Ada usaha dan waktu yang kamu curahkan di balik itu. Apa itu sederhana? Nggak.

But being grateful is simple.

Banyak hal yang dilematis menghampiri kehidupan. Mungkin kita selalu bertanya: masalah,masalah,masalah…kenapa masalah melulu sih? Tapi ingat, masalah ada hal yang memiliki solusi. Dan bersyukur bahwa Tuhan menciptakan hukum dunia di mana masalah terdapat solusi.

Bersyukur itu sederhana.

Contohnya seperti apa yang belakangan ini terjadi dalam hidup saya.

Saya bersyukur, Tuhan masih mau mengingatkan saya dengan mendatangkan masalah. Tuhan melatih saya untuk menjadi lebih bijak.


Saya bersyukur, kebersamaan keluarga jadi makin erat.

Saya bersyukur, bisa tahu lagu-lagunya Pandji Pragiwaksono, Leessang, Guckkasten, Tesla Manaf, Clazziquai. Mereka penambah inspirasi saya.

Saya bersyukur, saya di kasih sakit. Jadi saya sangat paham betapa mahalnya sehat itu.

Dan masih banyak lainnya…

Intinya, bersyukur akan membuat kamu bahagia. Ikhlas menerima hal baik dan buruk. Seperti apa yang Ajahn Brahm ajarkan: susah dan senang akan tiba di kehidupan kita. Ketika kamu mendapatkan kesusahan, sambutlah ia, dekap, dan ketika waktunya berakhir, lepaskan ia. Begitu pula dengan rasa senang.

Beliau mengajarkan bahwa apa yang di alami kita adalah sementara, baik senang atau pun susah. Jangan terikat oleh keduanya. Itulah inti dari living at the moment.

So, being grateful to your life. It’s a simple things. 🙂

Leave a Reply

