Rana.


Tidak ada tempat yang lebih aman dibanding rahim ibu. Tidak ada yang lebih nyaman selain pelukan yang menenangkan ketika engkau sedang bersedih. Dan Rana tahu, betapa sesungguhnya ia kesepian dan letih. Ia membutuhkan gravitasi, yang mampu menjejakkan dirinya ke tanah kembali. 

Lama, Rana menatap layar ponselnya. Ia bertahan duduk di atas sofa yang terletak di sudut kamarnya yang menghadap luar jendela. Ia menanti, menanti sebuah sapaan Halo ataupun sebuah pesan singkat dari orang itu….shelter Rana dari dunia asing yang membuatnya jengah. Bagi Rana, dia adalah rahim ibu. Rana merasa aman bersamanya.

Aku berharap dapat bertemu denganmu, saat ini. Kumohon tolong aku. 

Rana menghempaskan dirinya ke sofa. Baginya jejaring nirkable ini tidak akan mampu menggantikan segala bentuk komunikasi. Rana percaya bahwa manusia berinteraksi melalui sentuhan, terbukti melalui sejarah panjang riwayat umat manusia. Internet, telepon, surat dan lainnya  hanya mampu mempersingkat jarak komunikasi, namun tidak akan pernah bisa mengganti interaksi naluriah itu. 

Rana ingat bagaimana ia dan kawan-kawan masa kecilnya dulu. Mereka bertemu kembali dalam sebuah jejaring sosial. Awalnya menyenangkan, namun kian lama Rana jengah. Betapa manusia banyak yang saling ingin di dengar, saling ingin bersuara namun minim memperhatikan yang lainnya. Tidak berusaha saling mendengar. Rana makin lama merasa bahwa manusia semakin asosial.

Namun seketika dimensi Rana kehilangan perspektif atas dunianya. Bertepatan dengan hilangnya orang itu, satu nama yang sedari dia tunggu, Reinier.  

Advertisements
Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s